Sejarah Prodi

Sejarah

STAIN Datokarama Palu beralih status menjadi IAIN Palu berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 51 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Agama RI No. 92 Tahun 2013 tentang organisasi dan tata kerja IAIN Palu. Jurusan Tarbiyah juga beralih status menjadi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan ditahun yang sama.  Pada tahun 2019 FTIK membuka dua program studi baru jenjang (S1). Salah satunya Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 268 Tahun 2019 Tentang Izin penyelenggraan Program Studi Tadris IPA pada IAIN Palu.

Tadris IPA sebagai Prodi baru juga telah memenuhi persyaratan minimum akreditasi Prodi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dengan Nomor:4/SK/BAN-PT/Min-Akred/II/2019.

Profil Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam

Tadris/Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan program studi yang berkonsentrasi untuk menyiapkan tenaga pendidik IPA yang profesional, berintegritas tinggi dan berkepribadian utuh berbasis keilmuan dan peradaban Islam Moderat.  Pelaksanaan kegiatan akademik dibina oleh dosen-dosen profesional dan kompeten di bidang kependidikan maupun keilmuan rumpun IPA sehingga dapat memberikan penguatan internal dan eksternal kelembagaan dalam bidang tri dharma perguruan tinggi (Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Kekuatan internal Tadris IPA terletak pada sistem pembelajaran IPA terintegrasi dengan wawasan lingkungan, mitigasi bencana dan peradaban Islam Moderat. Hal tersebut menjadikan lulusan Tadris IPA IAIN Palu memiliki kekhasan, yaitu menjadi guru yang memiliki kemampuan IPA yang terintegrasi dan siap guna.

Mengapa Memilih Program Studi Tadris IPA IAIN Palu?

  1. Merupakan satu-satunya perguruan tinggi berstatus negeri yang mencetak calon guru, khususnya guru IPA di wilayah Sulawesi Tengah, bernuansa religius, budaya lokal yang arif, biaya hidup dan pendidikan murah, berada di tengah perkotaan serta lingkungan kampus yang asri dan humanis.
  2. Adanya Permen PAN-RB No 36 tahun 2018 yang menjelaskan tentang kesesuaian (linieritas) kualifikasi program pendidikan dengan bidang pekerjaan memberikan kepastian hukum bahwa guru IPA di SMP diharuskan diajar oleh lulusan tadris/pendidikan IPA, bukan dari program studi non tadris/pendidikan IPA.
  3. Pendekatan pembelajaran menggunakan kurikulum IPA yang terintegrasi, sehingga lulusan tadris IPA IAIN Palu dapat dengan mudah menyesuaikan pola pembelajaran IPA tematik sesuai amanat kurikulum 2013 di SMP/MTs.
  4. Di samping mempelajari ilmu pendidikan dan eksakta, mahasiswa juga dibekali dengan wawasan Islam yang menjadi ciri khas lulusan tadris IPA IAIN Palu dibandingkan dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, seperti adanya ±20% matakuliah ke-Islaman, bimbingan ibadah kemasyarakatan, serta kajian integrasi Islam Moderat  dan Sains untuk menyiapkan guru IPA yang Berkarakter dan Religius.
  5. Dukungan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai, baik sarana ruang perkuliahan, referensi, laboratorium, ruang microteaching, dan teknologi informasi komunikasi (TIK).
  6. Memiliki peluang besar untuk mengembangkan diri dengan melanjutkan pendidikan lebih tinggi seperti Pendidikan Profesi Guru (memperoleh sertifikat pendidik dan gelar tambahan “gr”), program S2 (gelar magister), dan program S2 lanjut S3 (gelar doktor) dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri bereputasi.

Gelar Akademik

Sarjana Pendidikan (S.Pd.)

Peluang Beasiswa

  • Beasiswa Bidikmisi
  • Beasiswa BUMN
  • Beasiswa Prestasi
  • Beasiswa Non Akademik