Pemuda dalam New Normal

Sore ini (20/06/2020) HMPS Tadris IPA IAIN Palu melaksanakan diskusi secara daring dengan Tema “Pemuda dalam New Normal”. Diskusi kali ini menghadirkan Rizaldy Alif Syahrial sebagai pemateri. Beliau adalah penggagas dan sekaligus ketua umum IPPMASI (Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Sigi).

Para pemuda yang menjadi peserta berasal dari berbagai jurusan/prodi baik lingkup IAIN Palu maupun dari luar IAIN Palu. Jalannya diskusi dipandu oleh Nurfana, mahasiswa Tadris IPA IAIN Palu.

Rizaldy dalam pemaparannya menjelaskan bahwa “anak muda selalu identik dengan perubahan, peristiwa penting dalam setiap tonggak perubahan umat manusia selalu melibatkan anak muda”.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dibarengi dengan ciri-ciri adaptif. Oleh karena itu, setiap manusia selalu dapat menghadapi perubahan yang terjadi. Perubahan saat ini disebut dengan new normal. New normal mengharuskan kita dalam setiap kegiatan harus mengikuti protokol kesehatan.

Ada 3 poin penting bagaimana pemuda dalam menghadapi new normal yaitu: networking (jejaring), kolaborasi dan open minded (pikiran terbuka). Pemuda dalam new normal adalah pemuda yang bersikap terbuka dan kolaboratif serta bersiap untuk membangun jejaringnya sehingga pemuda tidak hanya menjadi pengikut tetapi menjadi pemimpin dalam perubahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *